BATA RINGAN VS BATA MERAH, LEBIH MENGUNTUNGKAN MANA SIH?

Penggunaan bahan konstruksi bangunan yang berbobot ringan saat ini menjadi primadona untuk pembangunan rumah dan apartemen. Tak cuma baja ringan saja bahan yang dipergunakan sebagai struktur dalam pembangunan rumah, bata ringan pun kini mulai diminati dan mulai bersaing dengan permintaan untuk batu bata konvensional atau bata merah yang sekarang semakin sulit di dapatkan. Namun ternyata terdapat paradikma yang muncul ditengah masyarakat indonesia mengenai kehadiran bata ringan. Tidak sedikit masyarakat yang berfikir jikalau bata ringan yang saat ini mulai menjadi trend dalam pembangunan rumah maupun apartemen tidak cukup kuat dibandingkan bata merah yang memiliki bobot yang lebih berat. Dan apakah benar menggunakan bata ringan lebih menguras kantong jika dibandingkan dengan Bata merah ? (110)

Berat Bata Menentukan Kekuatan Bata?

Bata ringan Blesscon yang di produksi PT SPS memiliki berat bata 600 kg/m3 dan memiliki daya tekan > 4.0 N/mm2 yang sangat kuat untuk dinding rumah. Proses pembuatan bata ringan Blesscon yang menggunakan teknologi yang lebih canggih menjadikan bata ringan yang memiliki logo bless pada sisi batanya ini memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingnkan dengan bata konvensionalatau bata merah. Tapi jangan salah! Bata ringan Bless con memiliki kekuatan yang berkali kali lebih kuat di bandingkan dengan bata merah. jadi tidak heran jika bata ringan Blesscon bisa tahan getaran dan tahan gempa.

Apa keuntungan Membangun rumah dengan menggunakan bata ringan Blesscon ?

  • Membuat Suhu ruang lebih sejuk.

Selain menjadikan bangunan lebih kuat, pata ringan blesscon bisa menjadikan ruangan lebih sejuk. Kok bisa ? Pori-pori yang ada pada sisi bata mampu menyerap panas luar gedung dan menjaga suhu dalam gedung untuk tetap sejuk. Jika dibandingkan dengan bata merah yang akan menyerap panas jika suhu luar panas dan dingin saat suhu luar dingin, Bata ringan blesscon lebih mampu menstabilkan suhu ruang.

  • Proses pembangunan bisa lebih cepat

jika dibandingkan batia merah, Bata ringan Blesscon memiliki ukuran yang besar yaitu 60cmx20cmx10cm atau 60cmx20cmx7,5cm yang menjadikan pembangunan rumah anda menjadi lebih cepat. Dan ringanya bobot bata ringan blesscon membantu tukang untuk bekerja lebih produktif dan efisien.

  • Biaya pembangunan lebih murah

Dalam pemasangan bata ringan blesscon sangat mudah sekali, cukup mencampur semen instan blessbon dengan air sudah bisa merekatkan bata ringan bless con. Bata ringan blesscon jga memiliki sisi yang yang lebih presisi sehingga menghemat dalam pengaplikasian plester. sedangkan pengaplikasian bata merah memerlukan pasir, semen, sehingga membutuhkan biaya dan waktu lebih dibandingkan menggunakan semen instan. Dan bata merah masih memerlukan plaster yang tebal untuk menutupi sisi yang tidak presisi.

Dengan demikian, menggunakan bata ringan Blesscon dalam membangun rumah lebih efektif dan lebih hemat dibandingkan pembangunan dengan menggunakan bata konvensional atau bata merah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *